Tips Mengajak Anak Potong Rambut di Salon Tanpa Rewel

Mengajak anak ke salon atau barber shop untuk memotong rambut bukan perkara mudah, lho. Biasanya anak tak bisa diam, padahal hal ini bisa jadi membahayakan karena ada gunting atau alat cukur di belakang kepalanya. Makanya, ada bisnis salon khusus anak. Tapi, ada caranya, kok, agar kegiatan memotong rambut di salon atau pangkas rambut jadi hal yang menyenangkan bagi Anda dan anak. Coba tips berikut:

Biasakan mengajak anak ke salon atau ke barber shop

Agar anak mau duduk manis dan tenang saat rambutnya dipotong, Anda perlu memperkenalkan situasi salon atau pangkas rambut terlebih dulu. Sebab, hair dresser yang dianggap asing bisa jadi sosok menakutkan bagi anak. Anda bisa membawa si kecil berikut mainan atau buku untuk menjaganya fokus setiap Anda ke salon atau pangkas rambut, tapi pastikan ada orang yang menjaganya agar dia tak membuat keributan atau kekacauan di sana. Mungkin awalnya anak akan menangis atau bahkan mengamuk, namun lama-lama ia akan beradaptasi dan terbiasa dengan suasana salon atau pangkas rambut.

Tawarkan kepada anak, apakah mau ikut potong rambut bersama Anda atau ayahnya

Bagaimanapun juga, sebelum mengajak anak ke salon atau pangkas rambut, Anda perlu bertanya dulu apakah ia mau ikut bersama Anda atau si ayah. Jangan tiba-tiba langsung membawanya ke sana tanpa pemberitahuan sebelumnya, karena anak bisa menganggap salon atau barber shop sebagai tempat yang menyeramkan.

Lakukan negosiasi atau 'suap'

Kadang, Anda perlu melakukan negosiasi atau suap agar anak mau diajak ke salon atau barber shop. Misalnya, dengan menjanjikan anak akan dibelikan es krim jika bisa bersikap manis saat rambutnya dipotong. Jangan lupa memenuhi janji Anda, ya, Ma, jika si kecil berhasil menuruti omongan Anda.

Jangan ajak anak-anak dalam keadaan mengantuk, lapar, atau lelah

Pastikan juga salon atau pangkas rambut tidak dalam keadaan padat dan antre. Sebab, anak bisa jadi rewel berat dan acara potong rambut bisa jadi batal.

Kenakan pakaian yang nyaman untuk anak

Bawakan baju ganti untuk anak karena sisa rambut yang menempel pada baju bisa menyebabkan gatal.

Apakah Mama punya tips lain untuk mengajak anak ke salon atau barber shop tanpa rewel? Share di sini, yuk!

- Farah Veraniza

taken from http://magazine.orami.co.id/tips-mengajak-anak-potong-rambut-di-salon-tanpa-rewel/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini

Beredar Tiket Palsu, Panpel PS TNI Janji Perbaiki Kinerja