Ternyata! Salju Memiliki Bentuk Berbeda-beda, Nih Penjelasannya

LONDON - Salju bisa lembut atau cenderung meleleh dan perbedaannya terletak pada bentuk serpihannya. Peneliti sendiri telah mengklasifikasikan sebanyak 108 jenis.

Namun menurut Kenneth Libbrecht, fisikawan di California Institute of Technology, Anda bisa menurunkannya menjadi empat kategori besar yakni plates, columns, jarum, dan dendrit. Dengan menciptakan kembali kepingan salju di laboratorium, Libbrecht dan ilmuwan lainnya menemukan bahwa kunci untuk mendapatkan satu bentuk ialah suhu dan kelembaban.

Kristal salju terbentuk saat kelembabannya begitu tingi sehingga udara tak bisa lagi menahan air. Kemudian uap mengembun menjadi tetesan, yang mulai membeku. Kelembaban yang tinggi memungkinkan kristal mengambil bentuk yang lebih kompleks saat udara lebih kering, kepingan salju tumbuh lebih lambat dan mengambil bentuk yang lebih sederhana.

 

Plates

Terang, datar, dan memiliki enam sisi, plates merupakan jenis yang paling umum dari kepingan salju. Sebagian besar salju berisi campuran plates kecil dan bentuk lainnya. Libbrecht menumbuhkan mereka dalam dua rangkaian kondisi yakni di bawah 5 derajat Farenheit atau di bawah titik beku.

taken from http://techno.okezone.com/read/2017/08/07/56/1751311/ternyata-salju-memiliki-bentuk-berbeda-beda-nih-penjelasannya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini

Beredar Tiket Palsu, Panpel PS TNI Janji Perbaiki Kinerja