OKEZONE STORY: Kenalan dengan Igor Sikorsky, sang Penemu Helikopter yang Cinta Ilmu Alam

JAKARTA – Helikopter menjadi salah satu transportasi yang kerap digunakan masyarakat untuk berbagai kebutuhan. Selain untuk membawa seseorang ke tempat tujuan, helikopter juga memiliki kegunaan dalam berbagai misi penyelamatan.

Munculnya helikopter sendiri adalah ide dari seorang Igor Sikorsky. Pria yang disebut sebagai ‘Bapak Helikopter’ ini sukses menciptakan sebuah helikopter yang seperti sekarang ini kita kenal. Pada 1910, Sikorsky menjadi satu-satunya desainer yang bekerja dalam penerbangan helikopter terbesar. Bahkan pada 1912, Sikorsky berhasil menduduki jabatan sebagai Chief Engineer pada perusahaan Baltic Railroad Car Rusia di Saint Patersburgh.

Hingga akhirnya, Sikorsky pun mendirikan Manufacturing Company Sikorsky Di Roosevelt, New York. Kemudian, dia pun mendapat dana tambahan dari Sergei Rachmaninoff yang digunakan untuk membuat S-29 yakni sebuah pesawat yang memiliki mesin ganda pertama.

Kinerja dari pesawat terbang yang dibuatnya ternyata lebih lambat jika dibandingkan dengan pesawat militer yang ada pada 1918. Hal itulah yang membuat para investornya tidak mau lagi mendanai Sikorsky. Pada 1929, Manufacturing Company Skikorsky berubah menjadi United Aircraft Corporation. Skirosky pun coba mengembangkan Pan America Airways.

Sikorsky mendapatkan kerja sama dari perusahaan pesawat Rotor untuk membuat sebuah helikopter paling unik dan belum ada sebelumnya. Perusahaan tersebut meminta Sikorsky untuk menciptakan helikopter yang bisa memiliki lambung perahu, dapat lepas landas, mendarat di air, bahkan mengapung di atas air.

Ketertarikan Sikorsky pada dunia helikopter dimulai saat dirinya diajak oleh sang ayah ke Jerman serta melakukan banyak percakapan dengan ayahnya. Sikorsky akhirnya menjadi tertarik dengan ilmu alam dan sekembalinya ke rumah, dia mulai bereksperiman dengan mesin model yang terbang. Bahkan di usianya yang masih menginjak 12 tahun, Sikorsky membuat pita kareta kecil bertenaga helikopter. Sampai akhirnya pada 1903, saat dirinya menginjak usia 14 tahun, Sikorsky sudah mulai belajar di Naval Academy, Saint Peterburg, Rusia. (afr)

taken from http://techno.okezone.com/read/2017/08/11/56/1754213/okezone-story-kenalan-dengan-igor-sikorsky-sang-penemu-helikopter-yang-cinta-ilmu-alam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini