Mengajak Anak yang Enggan Mandi

Mandi adalah aktivitas rutin yang harus dilakukan minimal dua kali sehari. Selain untuk menjaga kesehatan, mandi dapat membuat tubuh kita segar dan bersih. Seiring dengan bertambahnya usia, bayi yang tadinya paling senang saat mandi, tumbuh menjadi anak yang selalu memiliki alasan saat diajak mandi.

Ketika anak selalu kabur waktu diajak mandi, bicarakanlah dengan baik mengapa ia tidak suka mandi. Jelaskan manfaat mandi dan kerugiannya bila anak tidak mau mandi. Pemaksaan bukan solusi yang tepat karena akan terus membuat anak lari saat diajak mandi. Carilah apa yang anak sukai dari kegiatan mandi. Beberapa cara menyiasatinya antara lain.

♦︎ Letakkan beberapa mainan yang menarik untuk anak.

♦︎ Berikan waktu untuk anak menyesuaikan diri sebelum mandi kurang lebih 5 menit agar anak tidak kaget.

♦︎ Orang tua harus percaya diri saat memandikan anak, agar anak merasa berada aman dan tidak ikut panik, lalu berikanlah pelukan setelah memandikannya.

♦︎ Beri kesempatan pada anak untuk bermain-main seperti menggelembungkan busa, agar anak menikmati kegiatan mandinya.

♦︎ Ciptakan suasana mandi yang berbeda-beda. Misalnya hari ini mandi dengan bath tub, esok dengan shower, lalu dengan gayung, kemudian dengan membawa mainan bola nya.

♦︎ BIarkan anak memilih sendiri perlengkapan mandinya. Shampoo, sabun, handuk, sikat gigi, dll. Barang-barang yang ia sukai akan membuat anak lebih tertarik untuk mandi.

♦︎ Modifikasi kamar mandi anda agar menjadi lebih menarik untuk anak. Hiaslah dinding kamar mandi dengan gambar-gambar kesukaan anak dan dengan warna-warna cerah.

Cobalah cara-cara kreatif lainnya yang sesuai dengan kepribadian anak. Semakin kita mengerti penyebab kemalasan anak untuk mandi dan apa kesukaannya, semakin mudah menyelesaikan masalah ini.

--Hei

taken from http://magazine.orami.co.id/mengajak-anak-yang-enggan-mandi/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini

Beredar Tiket Palsu, Panpel PS TNI Janji Perbaiki Kinerja