Insiden Bendera Merah Putih Terbalik di SEA Games 2017, Budiarto: Masalah Ini Jangan Jadi Lebar

JAKARTA – Bendera Indonesia dicetak terbalik dalam buku panduan SEA Games ke-29 yang digelar di Malaysia, 19-30 Agustus 2017. Dalam acara pembukaan ajang dua tahuan itu, bendera Merah Putih menjadi terbalik di halaman 80 dan 34.

Hal itu lantas mendatangkan reaksi kekesalan dari masyarakat Indonesia. Tak terkecuali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi yang mengunggah cuitannya di Twitter resmi terkait insiden tersebut.

Menanggapi permasalahan itu, akhirnya Imam dan jajaran Kemenpora bertemu dengan Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin. Pemerintah Malaysia melalui Khairy akhirnya secara resmi melayangkan permintaan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia.

Menurut pengamat olahraga, Budiarto Shambazy, permasalahan bendera Merah Putih terbalik jangan menjadi lebar. Ia pun turut menyesali insiden itu, tetapi dirinya tetap menginginkan SEA Games menjadi ajang olahraga yang dapat mengakrabkan dari masing-masing kontingen di Asia Tenggara.

“Bukan soal wajar atau tidak wajar. Seperti biasa jika dengan Malaysia maka kasus ini jadi ribut. Tidak semua warga Indonesia tahu bendera negara lain. Begitu juga warga Malaysia. Masalah ini jadi berpanjang-panjang karena masalah teknis. Memang seharusnya buku ditarik dan dicetak ulang,” kata Budiarto dalam acara diskusi Redbons ‘Semangat Juang Garuda dibalik Insiden Bendera’ di Redaksi Okezone, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

“SEA Games ini sebagai pesta olahraga untuk mengakrabkan negara-negara Asia Tenggara. Jangan lupa, saat SEA Games 2011, kita juga pernah punya kesalahan. Indonesia seperti big brother yang menjewer adiknya (Malaysia),” sambungnya.

Baz -sapaan akrab Budiarto- menilai insiden bendera Indonesia terbalik di buku panduan SEA Games 2017 seharusnya dapat diredam dan tidak perlu menjadi konsumsi publik. Ia pun berharap permasalahan ini tidak meluas.

taken from http://sport.okezone.com/read/2017/08/22/43/1760811/insiden-bendera-merah-putih-terbalik-di-sea-games-2017-budiarto-masalah-ini-jangan-jadi-lebar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Posisi Bercinta: The G-Spot Missionary

Dosakah Membayangkan Artis Idola saat Berhubungan Suami Istri?