Hindari Anak Mengonsumsi Gula Berlebih

Hampir semua anak-anak pasti menyukai makanan dan minuman yang manis. Tidak heran jika Anda juga menemui seorang anak yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Anak-anak yang gemuk memang terlihat lucu dan menggemaskan, tapi jangan biarkan anak mangalami obesitas karena akan berbahaya bagi kesehatan si anak. Terlebih apabila si anak mulai kesulitan untuk mengontrol makanannya, dia tidak tahu mana yang sehat dan tidak. Simak tips berikut untuk mencegah obesitas pada anak.

Penuhi Kebutuhan Gizi

Waktu makan yang baik adalah lima kali dalam sehari. Untuk makan besar, lakukan pada saat waktunya makan pagi, makan siang, dan makan malam. Anda cukup memberikan snack pada siang hari dan sore hari, tentunya harus yang bergizi juga, seperti buah-buahan atau makanan olahan yang Anda buat sendiri. Dengan tetap menjaga kandungan nutrisi dalam setiap asupan makanannya itu, maka akan membuatnya mengurangi rasa ingin memakan yang manis-manis.

Jadilah Contoh

Anda menyuruh anak untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, sedangkan Anda masih menstoknya dalam lemari es dan menikmatinya? Hentikan hal itu jika Anda benar-benar ingin membantunya. Percuma saja melarang anak untuk tidak ikut memakannya meskipun sudah memberitahukan bahaya mengonsumsi gula berlebih karena anak-anak tidak akan tertarik dengan teori. Sebaiknya, jadilah contoh yang baik dan biarkan anak Anda tumbuh sehat dengan banyak mengonsumsi makanan sehat dengan memperbanyak sayur dan buah dalam menu makanannya.

Membatasi Makanan Manis

Melarang anak untuk sama sekali tidak mengonsumsi makanan manis memang mustahil. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan aturan kapan dia boleh makan makanan manis. Misalnya, hanya boleh makan es krim dua kali dalam seminggu. Dengan begitu, anak akan mengerti bahwa es krim tidak baik untuk dikonsumsi terlalu sering.

Beraktivitas

Anak-anak yang kecanduan gadget dan game akan lebih sering menghabiskan waktunya dengan duduk dan berbaring. Camilan adalah teman yang selalu mereka butuhkan untuk berada di sampingnya. Oleh karena itu, ajaklah anak Anda untuk beraktivitas di luar ruangan. Anda bisa mengajaknya berenang atau ke kebun binatang agar ada aktivitas gerak badan yang bisa dia lakukan dan tidak memikirkan camilan manis.

Bijaklah dalam mencukupi nutrisi anak agar anak Anda terhindar dari obesitas. Anak yang gemuk memang lucu dan menggemaskan, namun memiliki anak yang sehat dan aktif jauh lebih penting.

(DA)

Foto: thankyourbody.com

taken from http://magazine.orami.co.id/hindari-anak-mengonsumsi-gula-berlebih/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini

Beredar Tiket Palsu, Panpel PS TNI Janji Perbaiki Kinerja