Yogyakarta wacanakan kompetisi Adipura tingkat kecamatan

Yogyakarta (Antara Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta mewacanakan pelaksanaan kompetisi kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan atau lebih dikenal dengan Adipura di tingkat kecamatan, seperti usul yang dilontarkan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

"Perlu ada penghargaan semacam `Adipura` yang diberikan ke kecamatan sehingga wilayah pun berlomba-lomba untuk menjaga kebersihan lingkungan mereka," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Yogyakarta, Jumat.

Namun demikian, lanjut Haryadi, jika selama ini tidak semua kota atau kabupaten di Indonesia bisa meraih Adipura, tetapi di Kota Yogyakarta diharapkan seluruh kecamatan bisa memperoleh penghargaan.

"Artinya, setiap kecamatan dinilai mampu memenuhi standar kebersihan, pengelolaan dan pelestarian lingkungan," kata Haryadi yang tidak segan akan meneruskan program tersebut hingga tingkat kelurahan jika seluruh kecamatan sudah mampu meraih Adipura.

Di Kota Yogyakarta terdapat 14 kecamatan dan 45 kelurahan.

Sedangkan pada tahun 2017, Haryadi berharap Kota Yogyakarta dapat kembali meraih penghargaan Adipura yang sudah terlepas selama empat tahun terakhir. "Slogan tahun ini adalah `mari bung rebut kembali`. Harapannya, Yogyakarta bisa kembali membawa pulang Adipura tahun ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Suyana mengatakan, pemberian penghargaan Adipura akan dilaksanakan pada awal Agustus, namun hingga kini Pemerintah Kota Yogyakarta belum dapat memastikan hasil penilaian.

"Pengumuman pemenang Adipura selalu mendadak. Seluruh pemerintah kabupaten/kota memperoleh undangan untuk hadir dalam pemberian penghargaan Adipura tanpa tahu apakah mereka menang atau tidak," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Yogyakarta selalu memperoleh Adipura untuk tujuh tahun berturut-turut hingga akhirnya harus kehilangan penghargaan tersebut sejak empat tahun terakhir.

Pada tahun 2017, penilaian tidak lagi memasukkan faktor kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan yang selalu menjadi titik lemah penilaian. "Tahun ini, penilaian hanya dilakukan terhadap kondisi lingkungan di Kota Yogyakarta saja. Harapannya, hasilnya pun akan lebih baik," katanya.

(E013)

Editor: Nusarina Yuliastuti

COPYRIGHT © ANTARA 2017

taken from http://jogja.antaranews.com/berita/347669/yogyakarta-wacanakan-kompetisi-adipura-tingkat-kecamatan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini