Wanita Selalu Benar? Begini 'Kata' Al-Qur'an untuk Menghadapinya

Wanita adalah makhluk Allah Swt. yang sangat spesial. Mereka begitu perasa, sensitif, dan lembut. Tidak jarang pria dibuat habis pikir pada tingkahnya yang tiba-tiba marah, tiba-tiba manja. Namun, Islam adalah agama yang mencakup seluruh urusan umat manusia. Termasuk bagaimana cara menangani sifat-sifat menjengkelkan wanita. Berikut beberapa ajaran yang perlu pria terapkan, langsung dari Allah dan Rasul-Nya:

1. Jadilah pria yang tegas jika wanita berbuat salah

Sumber: wisebread.com

Pria yang baik adalah pria yang bisa mempertahankan pendiriannya. Ia wajib membimbing dan mengarahkan si wanita apalagi ketika wanita tersebut salah. Namun, bimbinglah dengan perlahan dan jangan dengan kalimat yang bisa menimbulkan perpecahan, juga tidak merendahkan.

Allah Swt. pun menyuruh hal tersebut dalam firmannya ketika seorang istri tidak mendengar penjelasan suaminya. Allah memerintahkan untuk tidak tidur bersama si istri agar dia mengintrospeksi diri.

"Wanita-wanita yang kamu khawatirkan tidak tunduk, nasihatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. kemudian jika mereka menaatimu, Maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya..." (QS. An-Nisa: 34)

Jika masih belum berubah, suami boleh memukulnya, sebuah pukulan yang menandakan ketegasan dan keseriusan untuk didengar. Seperti pukulan ibu terhadap anaknya yang tidak menyakitkan. Mengenai perintah untuk memukul wanita, terdapat anjuran melalui hadis berikut:

“Jika istri kalian melakukan pelanggaran itu, maka pukullah dia dengan pukulan yang tidak menyakitkan.” (HR. Muslim)

2. Jaga ucapan dan menahan emosi ketika wanita berbuat salah

Sumber: inspiringwoman.co.za

Tegurlah wanita yang berbuat salah dengan teguran yang baik. Beri ia pengertian dan utarakan penjelasan-penjelasan yang logis bagian mana dia bersalah dan sikap seperti apa yang seharusnya ia ambil. Jika ia mendengarkan artinya ia menghargaimu yang sedang membimbingnya.

Allah Swt. pun tidak suka dengan perkataan yang buruk dan merendahkan orang lain.

"Allah tidak menyukai ucapan buruk (caci maki), (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya." (An-Nisa: 148)

Memberi nasihat dan saling memperingatkan dalam kebaikan. Bukan tentang mencari siapa yang menang dan siapa yang salah:

“Orang yang hebat bukanlah orang yang sering menang dalam perkelahian. Namun orang hebat adalah orang yang bisa menahan emosi ketika marah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Selalu ingat bahwa pria adalah pemimpin bagi kaum wanita, sehingga jangan sampai kehilangan wibawa dengan menuruti setiap permintaan si wanita

Sumber: theodsseyonline.com

Bagian ini, baik disadari atau tidak, bagi kaum pria. Dengan alasan sedang tidak ingin berdebat dengan wanitanya, ia membiarkan saja si wanita bersikap semaunya tanpa memberi pengarahan. Pria adalah pemimpin bagi keluarganya, bagi wanitanya dan anak-anaknya kelak. Sikap pembiaran seperti ini bisa mengarah pada ketidakpedulian terhadap tanggung jawabnya untuk membimbing mereka.

Allah Swt. menjelaskan dalam firmannya bahwa kaum pria dilebihkan dari kaum wanita, dan pria adalah pemimpin.

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka” (QS. An-Nisa: 34)

Sumber: shutterstock.com

Pria yang baik adalah pria yang bisa menempatkan diri bersama wanitanya. Ia membimbing dan memberi pengarahan jika si wanita salah, bukan hanya sekadar diam menutup mata, bahkan menyindir dengan kalimat "Wanita selalu benar". Jadilah pria yang tegas. Dan kepada wanita, sebaiknya menghormati pria yang selalu menegur tiap kesalahan yang kalian perbuat karena bentuk perhatian bukan hanya sekadar bertanya "Sudah makan belum?" atau "Lagi di mana?"

Sumber banner: huffingtonpost.com

taken from http:https://nulis.babe.news/baca/1eac24/anjuran-alquran-hadapi-wanita-yang-selalu-benar/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini

Beredar Tiket Palsu, Panpel PS TNI Janji Perbaiki Kinerja