Ribuan Masyarakat Hadiri Tradisi Grebeg Syawal Sunan Gunung Jati

KBRN, Cirebon : Ribuan warga masyarakat, sejak pagi hingga siang ini, Minggu (2/7/2017) memadati komplek makam Sunan Gunung Jati di Astana Gunung Sembung Kabupaten Cirebon Jawa Barat dan perayaan tradisi Grebeg Syawal.

Pantauan RRI sejak pagi pukul 06.00 hingga 13.00 WIB, Komplek makam Sunan Gunung Jadi terlihat ramai, penuh dengan para pejiarah yang datang dari Cirebon dan sekitarnya bahkan dari luar daerah.

Tradisi Grebeg Syawal yang dilangsungkan setahun sekali oleh keluarga besar Keraton Kanoman Cirebon setiap tanggal 8 Syawal atau 7 hari setelah hari raya  Idul Fitri, selalu menjadi perhatian masyarakat. 

Juru kunci makam Sunan Gunung  Jati, Haji Amirudin, kepada RRI mengatakan,  grebeg syawal merupakan tradisi yang menjadi prosesi ritual khusus keraton Kanoman Cirebon.

“Prosesi ritual ini ditasbihkan dalam bentuk pengakuan terhadap silsilah para leluhur dan perhelatan yang berisi doa-doa kepada raja-raja yang telah wafat sebagai pendahulu Cirebon. Proses ritual keraton ini esensinya melakukan ziarah kubur Sultan Kanoman,” jelas H.Amirudin.

Disebutkan pula, acara grebeg syawal merupakan tanda telah selesainya puasa sunah satu minggu setelah perayaan hari raya Lebaran. 

"Banyak peziarah ke sini, untuk mendaoakan para leluhur tatar cirebon sekaligus untuk mencari berkah" katanya.

Sementara itu, Rani, salah seorang peziarah asal Kota Tasik mengatakan pihaknya sengaja datang ke Cirebon untuk berjiarah dan mendoakan leluhur penyebar agama islam terdahulu. Diharapkan ziarahnya ini menjadi berkah bagi dirinya dan keluarga lainnya.

"Kami datang sekeluarga untuk berziarah, sekaligus mencari berkah" ungkapnya. (Lengga/CH/WDA)

taken from http://rri.co.id/post/berita/408297/budaya/ribuan_masyarakat_hadiri_tradisi_grebeg_syawal_sunan_gunung_jati.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini