Personel Pocil Mampu Memberikan Peran Positif

JABAT TANGAN : Para personel Pocil didampingi Kapolres AKBP Mohammad Tora, menyampaikan ucapan selamat datang dengan memberikan jabat tangan kepada Menteri PPPA (ketiga dari kiri). (Foto suaramerdeka.com/Bambang Purnomo)

WONOGIRI, suaramerdeka.com – Kapolres Wonogiri AKBP Mohammad Tora, berharap kepada para personel Polisi Cilik (Pocil), mampu memberikan peran positif dalam ikut serta mengendalikan tindak pelanggaran. Yang itu, setidak-tidaknya dapat dimulai dari lingkup keluarga dan lingkugan sekolah dari personel Pocil masing-masing.

Kapolres melalui Paur Humas Polres Wonogiri Aipda Iwan Sumarsono, Jumat (7/7), menyatakan, berdasarkan pengalaman yang terjadi selama ini, para personel Pocil dengan bekal pengatahuan yang telah diperoleh, ternyata dapat memberikan partisipasinya dalam ikut mengendalikan dan melakukan pencegahan terhadap kemunculan tindak pelanggaran.

Contohnya, ketika dia berkendaraan dengan orang tua atau bersama kakaknya, akan suka memberikan peringatan untuk berhati-hati di jalan, juga tidak segan-segan mengingatkan agar tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas. ”Tentu saja, dengan bahasa anak-anak yang mereka kuasai,” jelas Aipda Iwan Sumarsono.

Peringatan yang disampaikan para personel Pocil tersebut, disampaikan karena yang bersangkutan telah mendapatkan pembekalan tentang pemahaman dan pengenalan terhadap rambu-rambu lalu lintas. Mereka menjadi paham, mana rambu lalu lintas yang berupa tanda larangan, peringatan atau rambu petunjuk yang diperbolehkan.

Yang pemahaman tentang rambu-rambu lalu lintas ini, efektif mereka sampaikan kepada lingkungan keluarganya, kepada teman-temannya di lingkup tempat mereka belajar, dan rekan-rekan sepermainannya di kampung tempat mereka bermukim.

Peringatan yang disampaikan secara polos oleh anak-anak Pocil ini, sangat efektif untuk upaya dini melakukan pencegahan terhadap kemunculan tindak pelanggaran. Karena orang tua, kakak atau teman belajar dan rekan sepermainnya, akan tersadarkan oleh peringatan yang disampaikan personel Pocil.

”Pesan dan peringatan dari personel Pocil cukup jitu dan mujarab,” tandas Kapolres. Karena pesannya yang disampaikan dalam bahasa lugas, dan tidak jarang teguran mereka itu langsung menohok pada tindak pelanggarannya. Ini mejadikan sasarannya yang merasa lebih tua, menjadi tersadarkan. ”Anak kecil saja tahu aturan dan mentaatinya, mosok yang lebih dewasa enggak,” tandas Kapolres.

Saat Kabupaten Wonogiri dikunjungi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Susana Yembise, Kamis (6/7), satu peleton Pocil tampil memamerkan kebolehannya dalam melakukan aneka atraksi baris-berbaris, tata cara penghormatan, dan demo pengaturan lalu lintas memakai isyarat tangan serta peluit.

Bersamaan itu, juga disajikan aneka demontrasi Polwan dari jajaran Satlantas Polres Wonogiri, dalam atraksi mahir dan terampil mengendarai motor gede (moge), dengan melakukan aneka manuver.

(Bambang Purnomo/CN19/SMNetwork)

taken from http://berita.suaramerdeka.com/personel-pocil-mampu-memberikan-peran-positif/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini

Beredar Tiket Palsu, Panpel PS TNI Janji Perbaiki Kinerja