Pemkab Gunung Kidul mulai distribusikan air bersih

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai mendistribusikan air bersih ke tujuh kecamatan setempat karena warga di wilayah itu mulai kekurangan air bersih.

`Mulai hari ini, kami memberikan bantuan air bersih kepada warga, dengan armada dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul," kata Asiseten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Gunung Kidul Agus Prihastoro di Gunung Kidul, Senin.

Dia mengatakan dengan kondisi sudah mulai kekurangan air, pihaknya berharap tidak berlangsung lama. Sehingga masyarakat tidak memerlukan bantuan air.

"Bantuan akan diberikan setiap hari. Air bersih yang disalurkan 28 rit atau masing-masing tangki setiap hari menyalurkan empat rit," katanya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul Budhi Harjo mengatakan permintaan droping air bersih ke tujuh kecamatan. Adapun kecamatan yakni Panggang, Purwosari, Tepus, Tanjungsari, Paliyan, Rongkop, dan Girisubo.

"Kekeringan sudah terjadi di 32 desa meliputi 254 padukuhan dengan jumlah 9.046 Kepala Keluarga, atau sekitar 45.230 jiwa," katanya.

Ia mengatakan pada 2017, pihaknya menganggarkan Rp600 juta untuk droping air bersih kepada masyarakat.

"Kami siap menyalurkan, tetapi permintaan dari desa ke kecamatan. Bantuan air ?diserahkan ke lokasi yang sudah ditunjuk "by name by addres" sesuai kesepakatan dengan kecamatan. Warga diperbolehkan mengambil di lokasi yang ditunjuk," katanya.

Sementara Ketua RT 2 Dusun Wonosobo I, Banjarejo, Tanjungsari Sukiran mengatakan pihaknya merasa terbantu dengan adanya droping dari pemerintah. Sebab, sudah membeli air dari tangki swasta beberapa kali.

"Di sini sudah mulai kekeringan sejak bulan puasa lalu, kami harus membeli Rp100 ribu pertangki yang bisa digunakan tiga minggu," katanya.

(U.KR-STR)

Editor: Mamiek

COPYRIGHT © ANTARA 2017

taken from http://jogja.antaranews.com/berita/347415/pemkab-gunung-kidul-mulai-distribusikan-air-bersih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini

Beredar Tiket Palsu, Panpel PS TNI Janji Perbaiki Kinerja