Pemerintah Optimis Keputusan Terbaik Soal 'Presidential Thershold' Keluar 20 Juli Mendatang

KBRN, Jakarta : Penentuan ambang batas pencalonan Presiden atau Presidential Threshold akan ditentukan pada Rapat Paripurna di DPR pada tanggal 20 Juli mendatang.

Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo usai menghadap Presiden Joko Widodo di Istana, Senin (17/7/2017) mengatakan, pemerintah hingga kini masih mengacu pada undang-undang yang lama. Namun, jika masih ada pihak yang menurut Tjahyo tidak sependapat dengan pemerintah, maka dapat memprosesnya secara hukum di Mahkamah Konstitusi.

Adapun untuk pelaksanaan Pemilihan Umum baik untuk Pilkada maupun Pemilu legislatif dan Ekskutif mendatang, menurut Tjahyo, tetap akan dilaksanakan serentak dan berpedoman pada peraturan yang ada dalam undang-undang lama.

"Sekarang dilihat saja 2 kali pilpres 20/25. Yang pertama 5 pasang calon, yang kedua harusnya 4 pasang jadi 2 pasang calon, karena UU mengatakan partai politik atau gabungan parpol yang mempunyai kewenangan mencalonkan capres dan cawapres. Jadi, kalau ada pengamat atau politisi mengatakan 20/25 itu kepentingan pemerintah, kepentingan calon tunggal, buktinya nggak ada kok, dan sudah diatur dalam UU yang baru bahwa tidak akan mungkin ada calon tunggal. Ini kan agar memperkuat sistem pemerintahan presidensial," jelas Tjahyo kepada wartawan di Istana.  

Sementara, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebutkan bahwa baiknya kepentingan politik dari berbagai pihak dapat dikesampingkan, mengingat penggunaan peraturan yang lama, Pemilu tetap dapat berjalan sukses.

"Harusnya kepentingan politik untuk jangka pendek ini dapat dikesampingkan. Untuk itu, konsolidasi di internal pemerintah tetap dilakukan. Kami meyakini, keputusan terbaik lah yang akan diputuskan pada tanggal 20 (Juli) nanti. Untuk RUU Pemilu. Meyakini ini akan terselesaikan dengan baik," ujar Pram. 

 

Sebelumnya, Mendagri Tjahyo Kumolo mengatakan, jika seluruh aturan RUU Pemilu yang ada masih dapat digunakan, maka sudah sepatutnya dipertahankan dan dilakukan perbaikan apabila masih ada yang kurang tepat. (PR/HF)

taken from http://rri.co.id/post/berita/413300/nasional/pemerintah_optimis_keputusan_terbaik_soal_presidential_thershold_keluar_20_juli_mendatang.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini

Beredar Tiket Palsu, Panpel PS TNI Janji Perbaiki Kinerja