Kulon Progo belum mampu produksi pakan mandiri

Kulon Progo  (Antara Jogja) - Pembudi daya ikan di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, belum mampu memproduksi pakan mandiri dalam skala besar karena keterbatasan anggaran uji laboratorium kandungan protein yang dibutuhkan ikan.

Kepala Bidang Perikanan Budi Daya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo Leo Handoko di Kulon Progo, Minggu, mengatakan secara teori hitungan kebutuhan protein dalam setiap pakan mudah, tetapi saat dipraktikkan pembudi daya ikan kesulitan memperkirakan kebutuhan pakan yang dicerna ikan.

"Pembuatan pakan lokal mandiri itu, bukan hal yang gampang. Kendati demikian, kami berupaya mendampingi kelompok pembudi daya ikan yang memproduksi pakan mandiri," kata Leo.

Saat ini, kata Leo, ada dua titik kelompok pembudi daya ikan yang membuat pakan mandiri, takni di Desa Tanjungharjo (Nanggulan) dan Bumirejo (Lendah). Hasil produksi pakan mandiri belum sepenuhnya menggunakan produk lokal, seperti tepung ikan. Bahkan makanan ikan yang menggunakan bahan lokal baru bekatul dan ketela pohon atau singkong.

Namun, pakan tersebut belum dapat dilepas. Saat akan diberikan terhadap ikan, pembudi daya ikan harus mencampur antara pakan pabrikan 80 persen dan pakan produk mandiri 20 persen.

"Kami belum bisa merekomendasikan pembudi daya memberikan 100 persen pakan mandiri. Sejauh ini, yang mampu menerima pakan lokal mandir baru ikan bersisik seperti gurame dan nila atau ikan bersisik, kalau lele tidak direkomendasikan," katanya.

Anggota Komisi II DPRD Kulon Progo Muhtarom Asrori mengharapkan DKP fokus melakukan pendampingan pembudi daya ikan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, banyak pembudi daya ikan yang gulung tikar karena dipermainkan tengkulak.

"Masyarakat banyak yang melakukan budi daya ikan, tapi karena mereka tidak bisa menjual hasil panen dengan harga sesuai pasaran. Mereka dipermainkan tengkulak. Hal ini yang harus menjadi pekerjaan rumah DKP, supaya Kulon Progo menjadi produsen ikan di DIY," katanya.

(KR-STR)

Editor: Mamiek

COPYRIGHT © ANTARA 2017

taken from http://jogja.antaranews.com/berita/347597/kulon-progo-belum-mampu-produksi-pakan-mandiri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini