Keren, Astronom Abadikan Gambar Bulan Persegi Panjang

CALIFORNIA - Seorang astronom amatir berhasil menangkap gambar keren dari fenomena atmosfer, yang menyebabkan bulan terlihat persegi.

Kombinasi unik dari pertemuan hangat dan dingin di lepas pantai Maine menyebabkan fatamorgana bulan yang menakjubkan. Fotografer yang menangkap gambar itu menggambarkan bulan seperti balok es raksasa di atas cakrawala.

Meksipun ada penjelasan ilmiah untuk gambar aneh itu, namun para ahli teori konspirasi yakin bahwa kekuatan dunia lain sedang bekerja. Gambar itu ditangkap oleh awak pesawat John Stetson di atas Casco Bay di Maine pada Minggu 9 Juli 2017.

Ia dan anggota lain dari klub astronomi Southern Maine Community College pergi keluar untuk menyaksikan bulan terbit dari Dyer Point di Cape Elizabeth. Atmosfer Bumi, bertindak sebagai lensa, menyimpangkan warna dan bentuk bulan saat muncul dari atas permukaan laut.

Awalnya, bulan tampak seperti persegi panjang pink yang aneh dan menurut kelompok tersebut, ia terus menawarkan bentuk yang menyimpang saat ia naik. "Bulan terbit tampak seperti gunung es, samar, dan berbentuk seperti balok es raksasa," kata Stetson kepada SpaceWeather.com.

Penampakan yang tak biasa merupakan hasil dari lapisan udara dingin yang menghirup udara hangat di atasnya. Dalam kondisi normal, udara hangat berada di bawah udara dingin saat sinar matahari memanaskan permukaan Bumi dan ini memancarkan ke atas.

Tapi lepas pantai, udara dingin bisa mendinginkan atmosfer di atasnya yang kemudian bertemu dengan arus hangat di ketinggian yang sedikti lebih tinggi. Inversi suhu ini bisa menyebabkan fatamorgana dan distorsi visual lainnya.

"John mengatakan bulan tampak seperti gunung es. Itu tepat karena fatamorgana ini akibat air dingin," tambah ahli optik atmosfer Les Crowley seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (13/7/2017).

Kemudian Stetson membagikan foto yang menakjubkan ke media sosial. Sejumlah pengguna menambahkan gambar mereka sendiri dari formasi awan yang aneh dan aktivitas atmosfer yang tak biasa lainnya.

Namun, tak semua netizen yakin dengan penjelasan ilmiah yang diberikan oleh Crowley atas bulan segi empat. Pengguna Facebook Michele Mannor menuliskan, "Saya sama sekali tak memercayai penjelasan itu. Terlalu banyak orang yang menyaksikan dan mendapatkan fenomena aneh yang muncul di seluruh penjuru dunia."

Kemudian, Jonathan Joseph menambahkan "Jika Anda mempercayai cerita ini, maka mereka telah meyakinkan Anda untuk memprogram ulang otak dengan lebih baik."

Tak ketinggalan pengguna lain menyebutkan bahwa itu alien. Hal tersebut bukan pertama kalinya aktivitas atmosfer yang tak biasa diyakini memiliki implikasi yang lebih buruk.

(din) taken from http://techno.okezone.com/read/2017/07/12/56/1734736/keren-astronom-abadikan-gambar-bulan-persegi-panjang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini