Yuk Menghitung Berat Ideal Bayi Dari Bulan ke Bulan!

Membantu bayi terus menambah berat badannya selama tahun pertama kehidupan memang bisa menjadi hal yang rumit. Terkadang Mama pasti merasa bahwa berat badan si kecil masih belum juga ideal meskipun yakin sudah memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkannya.

Sebenarnya bagaimana cara mengetahui berat badan ideal bayi?

Bayi Baru Lahir (1-4 minggu)

Di usia 1-4 minggu kehidupannya, si kecil akan tampak sedikit lebih kurus dibanding saat lahir. Michelle LaRowe, penulis buku Mother’s Ultimate Book of Lists, menyampaikan di usia ini bayi cenderung kehilangan beberapa ons berat badannya. Hal ini normal dan berat badan bayi akan kembali naik dalam waktu 10-12 hari.

Usia 1 Bulan

Mulai usia 1 bulan hingga 6 bulan, berat badan bayi umumnya bertambah sekitar 5-7 ons dalam satu minggu. Jika aktivitas menyusui berjalan dengan baik, berat badan si kecil terus meningkat.

Usia 2 Bulan

Berat badan bayi akan terus bertambah setiap minggu. Jika Mama merasa berat badan si kecil tampak tidak bertambah, konsultasikan dengan konsultan laktasi maupun dokter anak untuk memastikan Mama sudah memberikan si kecil asupan nutrisi yang cukup melalui ASI.

Usia 3 Bulan

Di usia ini, berat badan si kecil sudah mulai stabil. Berat badannya meningkat mulai dari 6 ons per minggu. Artinya, berat badan si kecil akan meningkat setidaknya 2 pound per bulan, hingga usianya 7 bulan berat badannya akan terus meningkat.

Usia 4 Bulan

Usia 4 bulan bayi biasanya mulai menunjukkan tanda-tanda siap makan MPASI atau makanan padat. Biarkan masa peralihan dari cairan (ASI) ke makanan padat berjalan dengan sendirinya, jangan paksa si kecil untuk makan makanan padat jika belum siap. Bukan berarti jika dipaksa makan makanan padat berat badannya langsung bertambah menjadi lebih ideal lo, Ma.

Usia 5 Bulan

Beerat badan bayi di usia 5 bulan bisa bertambah mencapai dua kali lipat dari berat lahirnya. Jika di usia ini berat badan si kecil masih berada di bawah angka normal atau ideal, segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter untuk membantu menambah berat badannya.

Usia 6 Bulan

Mulai usia 6 bulan, berat badan bayi akan bertambah sekitar 3-5 ons per minggu.

Usia 7 Bulan

Berat badan si kecil sejak usianya 7 bulan akan stabil meningkat 2 pound per bulan. Jika berat badan atau peningkatan berat badannya kurang dari 2 pound atau justru lebih dari 6 pound per bulan, konsultasikan hal tersebut dengan dokter.

Usia 8 Bulan

Mencapai usia 8 bulan, berat badan si kecil sudah seharusnya meningkat mendekati tiga kali berat badannya ketika lahir.

Usia 9 Bulan

Untuk meningkatkan berat badan si kecil saat usianya 9 bulan, berikan camilan diantara waktu sarapan dan makan siangnya serta antara makan siang dan makan malam.

Usia 10 Bulan

Si kecil mungkin akan lebih sering merangkak mendekati lantai dapur dan mencoba berdiri dan melangkah berpegangan meja, kursi atau kaki Mama. Merangkak membakar kalori yang cukup banyak, sehingga berat badannya kemungkinan akan sedikit turun.

Usia 11-12 bulan

Dalam dua bulan ini bisa terlihat kerja keras Mama menambah berat badan si kecil selama ini. Di ulang tahun pertamanya, si kecil seharusnya memiliki berat badan tiga kali lipat dari beratnya ketika lahir. Di usia ini, si kecil juga akan memulai langkah pertamanya menjelang usia balita.

Jadi, apakah di usia si kecil saat ini berat badannya sudah tergolong ideal?

(RGW)

taken from http://magazine.orami.co.id/yuk-menghitung-berat-ideal-bayi-dari-bulan-ke-bulan/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini