Tips Belanja Hemat dan Puas di PRJ Jakarta Fair 2017

PRJ alias Pekan Raya Jakarta 2017 sudah dimulai beberapa hari lalu. Sudah ada yang mampir ke acara yang juga sering disebut Jakarta Fair ini?

Kalau belum, beruntunglah kamu. Sebab di bawah ini akan kita bedah bersama-sama tips belanja hemat dan puas di PRJ Jakarta Fair 2017.

Salah satu tujuan ke PRJ tentunya belanja dong ya. Banyak stan barang konsumsi yang menawarkan berbagai promosi, termasuk diskon. Siapa tahu bisa nyicil beli kebutuhan Ramadan di PRJ.

Tanpa banyak ba..bi..bu..lagi, yuk kita simak tips belanja hemat dan puas di PRJ Jakarta Fair 2017 berikut ini:

1. Berburu promo

Kalau mau serius belanja hemat, harus mau repot sedikit berburu promo. Untung ada Internet, di situs Jakarta Fair tersedia info promo yang ada di acara tersebut.

Misalnya tukar tiket dengan minuman. Juga potongan Rp 50 ribu untuk produk tertentu. Pantengin juga akun media sosial Jakarta Fair untuk mendapatkan informasi terkini soal produk yang dipromosikan.

Siapa yang gak senang, dapat minuman gratis plus senyum manis hehehe ( Booth Minuman / appleagencyjkt)

Kalau barang yang diincar gak masuk daftar promo, gak apa-apa. Tulis saja daftar barang yang akan dibeli, sehingga ketika sampai di lokasi Jakarta Fair bisa langsung ke sana. Dengan begitu, kita gak tergoda untuk beli ini-itu yang sebenarnya gak masuk daftar buruan.

2. Lawan juru parkir liar

Jangan ngerasa serem dulu. Lawan di sini bukan berarti kita ngajak berantem juru parkir yang seenak perut pasang tarif di Jakarta Fair. Hal ini sebenarnya gak bener, tapi entah kenapa terus saja terjadi tiap tahun.

Kita bisa melawan juru parkir itu dengan parkir di area dalam saja. Tarifnya resmi, keamanan pun lebih terjamin. Tapi kita mesti rela datang pagian dan antre keluar-masuk. Atau bisa juga pakai naik angkutan umum.

Pengelola Jakarta Fair 2017 menyediakan shuttle bus gratis dari Stasiun Juanda dan Kemayoran. Bisa juga naik Transjakarta dengan tarif Rp 3.500 saja dari halte Monas. Gak apa-apa repot dikit, daripada menyuburkan juru parkir liar dan kena tarif parkir selangit. Mending duitnya buat beli es cendol.

3. Siapkan perut dan kerongkongan

Buat yang gak puasa, godaan untuk beli makanan dan minuman di Jakarta Fair pasti amatlah besar. Nah, biar gak keluar duit tanpa rencana, sebaiknya datang ke lokasi dengan kondisi perut sudah penuh.

Selain itu, bawa bekal minuman dingin yang beku. Jadi, ketika sudah sampai di Jakarta Fair, minuman sudah mencair dan siap digelontorkan buat membasahi kerongkongan.

Siapin minuman beku juga biar di PRJ gak kepanasan ( Gigit Es Batu / bintang)

Buat yang lagi puasa, bakal lebih aman karena pasti tekad menahan nafsu jajan lebih kuat. Namun tips membawa minuman beku bisa dipraktikkan. Daripada beli minum di sana untuk buka puasa, mending bawa sendiri dari rumah kan.

4. Belajar dari prinsip ibu-ibu

Ketika belanja, kebanyakan ibu-ibu menerapkan prinsip tawar hingga serendah mungkin. Di Jakarta Fair, kita bisa pakai prinsip ini agar mendapatkan harga terbaik. Di beberapa stan memang menerapkan harga pas, tapi gak ada salahnya tetap mencoba menawar.

Mending ke stan usaha kecil-menengah (UKM) saja agar bisa tawar-menawar. Banyak kok stan UKM dengan barang berkualitas dan harga miring. Hitung-hitung membantu mengangkat usaha wong cilik juga.

5. Last minute deal

Ini sudah bukan rahasia lagi. Banyak last minute deal atau transaksi yang disepakati menjelang waktu tutup gerai. Biasanya, setiap gerai mendapat target bisa menjual sejumlah produk dalam sehari.

Ketika menjelang tutup tapi target belum terpenuhi, bukan gak mungkin mereka memberikan penawaran istimewa. Inilah yang mesti kita manfaatkan.

Coba tunggu hingga menjelang waktu tutup. Siapa tahu barang yang kita incar dikorting khusus. Daripada omzet mereka kurang, diskon tambahan biasanya jadi pilihan.

6. Jangan datang sendiri

Emang paling seru pergi ramai-ramai ya! ( Pergi Bareng / wordpress)

Selain menghindari tersesat di jalan, jalan ke PRJ ramai-ramai berguna buat menghemat belanja. Sebab, beberapa gerai menerapkan promo khusus yang bukan berupa diskon, misalnya buy 1 get 1.

Daripada dapet dua barang sama padahal kita hanya butuh satu, ajak teman yang juga butuh barang tersebut. Jadi, dapet harga 50 persen lebih murah deh.

Tapi kalau memang harus pergi sendiri, gak ada salahnya mencoba ajak pengunjung lain untuk beli barang tersebut. Siapa tahu dia juga lagi butuh kan?

Namun jangan asal ajak orang. Pilih yang lagi berada di gerai tersebut dan terlihat tertarik beli barang yang sama. Mungkin bisa sekali dayung dua-tiga pula terlampaui nih. Setelah belanja murah, ajak dia makan bareng. Siapa tahu bisa jadi gebetan deh.

Selain enam poin tips di atas, ada dua hal lain yang penting agar bisa belanja hemat dan puas di PRJ Jakarta Fair 2017. Pertama, siapkan duit cash. Sebab, gak semua gerai menyediakan alat gesek kartu kredit maupun debit, terutama pelaku UKM.

Kedua, sebaiknya datang pas weekdays agar lokasinya lengang sehingga nyaman berbelanja. Selain itu, tarif tiket masuknya lebih murah ketimbang weekend. Yuk, ramaikan PRJ 2017 dengan tips hemat ini!

Yang terkait artikel ini:

taken from http:https://blog.duitpintar.com/tips-belanja-hemat-dan-puas-prj-jakarta-fair-2017/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini