Puluhan Perwira Siswa Militer Jepang Kunjungi Rumah Sejarah dan Monumen di Kalijati

Kunjungan Perwira Siswa Sekolah Staf Gabungan militer Jepang/ delegasi Joint Staff Collage (JSC) ke Monumen Tentara Jepang Sersan Kinoshita.

SUBANG, (PR).- Sebanyak 29 Perwira Siswa Sekolah Staf Gabungan militer Jepang/ delegasi Joint Staff Collage (JSC) mengunjungi tempat bersejarah di Pangkalan TNI AU Suryadarma Kalijati Kabupaten Subang. Mereka melihat langsung koleksi museum di rumah sejarah dan ziarah ke monumen tentara Jepang.

Mayor Jenderal Yukiya Yakamura, yang memimpin rombongan, mengungkapkan kedatangannya ke Indonesia untuk melihat dan mengetahui langsung gambaran perjuangan prajurit Jepang yang gugur pada saat perang menghadapi sekutu (Belanda) di Indonesia. Salah satu tempat pertempuran itu berlangsungnya di Kalijati (Subang). "Malahan perundingan penyerahan kekuasaan dari Belanda kepada Jepang dilaksanakan di Rumah Sejarah dan monumen prajurit Jepang,” katanya.

Dia mengatakan melalui kunjungan ini diharapkan para pasis bisa memahami perjuangan para prajurit Jepang di masa Perang Dunia II. "Nilai-nilai semangat kejuangan prajurit Jepang dapat diimplementasikan ke dalam diri para Perwira Siswa demi kemajuan militer dan pertahanan Jepang," ujarnya.

Danwing 8 Lanud Suryadarma, Sapuan, mengatakan melalui kunjungan sejarah Pasis Sekolah Staf Gabungan militer Jepang ini, semoga dapat meningkatkan semangat bela negara dalam rangka memperkuat pertahanan negara Jepang dan Indonesia.

Kunjungan ke museum

Rombongan datang dipimpin Yakamura, di sambut Danwing 8 Lanud Suryadarma Sapuan, Kadisops Taufik Arasj, Kadispers Adang Sudrajat, serta Komandan Skadron 7 Anggit Budi Wibowo. Tiba di Lanud Suryadarma, rombongan langsung melakukan lawatan ke Museum Kalijati (Rumah Sejarah).

Di museum, mereka di sambut Fitri Andini sebagai pemandu rombongan sekaligus mengenalkan semua koleksi yang ada di museum. Para pasis tampak antusias, aktif menanyakan berbagai benda koleksi museum, termasuk mengenai pemeliharaan dan perawatan museum.

Setelah itu, rombongan melanjutkan kunjungan ke Monumen Tentara Jepang Sersan Kinoshita. Monumen itu dibangun untuk mengingatkan jasa dan pengorbanan prajurit Jepang saat menghadapi tentara sekutu tahun 1942. Rombonganpun melakukan tradisi penghormatan militer kepada arwah prajurit, dilanjutkan meletakan karangan bunga diatas pusara makam monumen.***

taken from http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2017/06/08/puluhan-perwira-siswa-militer-jepang-kunjungi-rumah-sejarah-dan-monumen-di

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini