Okupansi Hotel di Yogyakarta Mulai Normal

Okupansi hotel di Yogyakarta mulai normal. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Okupansi atau tingkat hunian hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta mulai menurun, menjelang akhir liburan panjang Lebaran 2017.

"Setelah kemarin panen tingkat hunian sekarang okupansi mulai murunan rata-rata 10-15 persen menuju posisi normal," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istijab M Danunagoro di Yogyakarta, seperti dikutip dari Antara, Sabtu 1 Juli 2017.

Menurut Istijab, masa puncak pengunjung ( peak season) selama libur Lebaran terjadi pada Rabu 28 Juni dan Kamis 29 Juni dengan rata-rata okupansi hotel di zona ring satu atau di pusat Kota Yogyakarta mencapai  100 persen, ring dua atau kawasan Tugu Yogyakarta ke utara mencapai  80 persen, ring tiga atau kawasan Jalan Kaliurang hingga Bantul mencapai 80 persen, dan non-bintang 50 persen.

"Pada liburan ini peningkatan hunian dinikmati semua kelas hotel di Yogyakarta secara merata," kata dia.

Menurut Istijab, pada masa libur Lebaran tahun ini terdapat tren peningkatan tingkat hunian dibandingkan Lebaran 2016. Hal ini antara lain disebabkan inovasi promosi yang terus ditingkatkan, serta terus bertambahnya jumlah kamar hotel di DIY.

"Sekarang lebih gampang mencari kamar sehingga semakin menarik orang untuk datang ke Yogyakarta," tambah dia.

Selain itu, menurut Istijab, surcharge atau tarif tambahan yang diterapkan rata-rata hotel secara umum masih wajar yakni mulai Rp100.000-Rp200.000 per malam selama libur Lebaran 2017. "Sesuai pemantauan, tarif tambahan yang dipakai rata-rata hotel masih rasional," ujar dia.

Karena saat ini telah memasuki masa high season atau masa ramai pengunjung, sehingga meskipun masa libur Lebaran usai okupansi tidak akan terlalu merosot secara drastis atau tetap di kisaran 50-60 persen. Ia memperkirakan program Meeting, Incentive, Converence, and Exhibition atau MICE akan kembali muncul pada pekan kedua Juli 2017.

(AHL)

taken from http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/JKRy2J5k-okupansi-hotel-di-yogyakarta-mulai-normal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini