Mengejutkan! Benarkah Indonesia Punya Kerajaaan Katolik?

Kerajaan Indonesia dikenal sebagai kerajaan Hindu, Budha, atau Islam. Tentu tak banyak yang tahu bahwa kerajaan di Indonesia pada masanya juga memiliki kerajaan Katolik. Kerajaan ini disebut dengan Kerajaan Larantuka. Kerajaan ini hingga kini menjadi satu-satunya Kerajaan Katolik yang pernah berdiri di Indonesia.

Sumber: indohoy.com

Kerajaan Larantuka ada di Pulau Flores Nusa tenggara Timur dan berdiri pada abad 17. Tepatnya kerajaan ini berdiri setelah runtuhnya kerajaan besar Majapahit. Menurut masyarakat setempat kerajaan ini didirikan oleh seseorang bernama Watowele bersama dengan Pati Golo Araikan. Meski kecil Kerajaan Larantuka ada dihuni para pendatang dari Jawa dan Ambon.

Sumber: khipti'spicture

Satu-satunya Kerajaan Katolik ini menjalankan roda pemerintahannya dari tahun 1600-1859. Rajanya mendapat gelar Don setelah terlebih dahulu dibaptis. Ketika Indonesia berada dibawah penajajahan Inggris dan Portugis, Kerajaan Larantuka tetap menjalankan aktivitas pemerintahannya. Namun setelah bertahan hingga 50 tahun,kerajaan ini dibubarkan oleh Belanda.

Sumber: way2east.com

Meski menganut Katolik, kerajaan ini tetap melakukan ritual adat berupa pengorbanan hewan. Tujuannya agar kerajaan selalu mendapat keberkahan dari penguasa alam. Sang Raja juga mengatur tentang acara mengaji bersama dan acara-acara sebelum paskah. Kini jejak yang masih ada dari kerjaan ini adalah istana kerajaan dan keturunan raja terdahulu yang masih melestarikan ritual-ritual kerajaan.

Kontributor: Azzura

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

taken from http:https://unik.babe.news/0189c0/mengejutkan-benarkah-indonesia-punya-kerajaaan-katolik/?utm_source=BaBe%20App&utm_medium=Article&utm_campaign=Artikel%20BaBe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini

Beredar Tiket Palsu, Panpel PS TNI Janji Perbaiki Kinerja