JELAJAH ISLAM: Menilik Kejayaan Kerjaan Islam Terbesar di Dunia

WISATAWAN yang memiliki kesukaan dengan sejarah suatu bangsa, sangat disarankan untuk mengunjungi Negeri 1000 Masjid, Turki. Turki merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah peradaban Islam.

Mendapatkan julukan Negeri 1000 Masjid, Turki ternyata juga pernah memiliki satu kerjaan Islam yang hebat dan terbesar di dunia. Tidaklah berlebihan menyebutnya seperti itu, sebab wilayah Kerajaan Turki Utsmani mencapai tiga benua, yaitu Asia Barat, Asia Timur, wilayah Eropa Tenggara, wilayah Pegunungan Kaukasus dan sebagian Afrika Utara.

Kerajaan Turki Utsmani (Ottoman Empire) dahulu seringkali menentang Byzantie, dan meluaskan daerah kekuasaannya dengan melakukan ekspansi. Ottoman Empire menjadi kerajaan yang paling memberikan toleransi pada umat yang beragama non Islam, yaitu Kristen dan Yahudi.

Kerajaan Turki Utsmani dulu memiliki daerah pusat pemerintahan yang kini bernama Istanbul. Di Istanbul wisatawan bisa mengunjungi Hagia Sophia, bangunan yang telah mengalami alih fungsi beberapa kali, dan sekarang menjadi museum.

Ottoman Empire akhirnya runtuh pada masa kepemimpinan Abd Al Hamid, karena banyaknya pemberontakan yang timbul pada abad ke 19 dan 20, lalu digantikan Republik Turki.

Sebelumnya, kerajaan Islam terbesar di dunia ini telah berkuasa sekira 7 abad dan mengalami beberapa pergantian pemimpin, yaitu Usman I, Orkhan, Murad I, Bayazid I, Muhammad I, Murad II, Muhammad Al Fatih, Salim I, Sumailan Al Qanuni, Salimm II, Murad III, Muhammad III, Ahmad I, Mustafa I, Usman II, Murad IV, Ibrahim, Mustafa III, dan Abd Al Hamid.

Istanbul yang dulu bernama Konstantinopel sebelum ditaklukan Sultan Muhammad Al Fatih, sekarang telah menjadi destinasi terbaik di Turki.

taken from http://lifestyle.okezone.com/read/2017/06/16/406/1718341/jelajah-islam-menilik-kejayaan-kerjaan-islam-terbesar-di-dunia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini