Di Babel, 20 Persen PPDB untuk Siswa Miskin

PENERIMAAN Peserta Disdik Baru (PPDB) Tahun 2017/2018 untuk jenjang SMA/SMK di Provinsi Bangka Belitung dipastikan berbeda dari tahun sebelumnya, Pasalnya. Dinas Pendidikan setempat telah menetapkan Zonasi untuk siswa miskin sebesar 20 persen dari 20.014 siswa yang ditampung.

Kasi kesiswaan SMA/SMK sekaligus koordinator Penerima Peserta Didik Baru (PPDB). Dinas Pendidikan Babel. Harun, mengatakan Pedoman PPDB untuk SMA dan SMK 20 persen bagi siswa miskin telah diatur dalam Pergub No.31/2017.

"20 persen bagi siswa miskin pada pemerimaan siswa baru tahun ini, sudah ada di pergub. Untuk itu wajib dan harus di laksanakan di setiap sekolah," kata Harun.

Zonasi bagi siswa miskin sebesar 20 persen, lanjutnya, merupakan hal terbaru dalam PPDB tahun ini, sebab sebelumnya belum pernah ada.

"Baru tahun ini ada zonasi untuk siswa miskin. Tahun sebelumnya tidak ada," tutur dia.

Diutarakan Harun, daya tampung SMA/SMK baik negeri maupun swasta di Provinsi Bangka Belitung untuk tahun ajaran baru ini sebanyak 20.014 siswa. Dengan rincian, swasta 4.939 siswa dan sisanya negeri.

"20.014 siswa itu tersebar di SMK 54 sekolah dan SMA 66 sekolah. Setiap sekolah rombongan belajarnya berbeda seperti SMA rombelnya 303 siswa, SMK 283 siswa," ujarnya.

"Kalau kita lihat seperti tahun-tahun sebelumnya, dipastikan daya tampung siswa untuk tahun ajaran baru ini mencukupi," ungkap dia.

Harun mengemukakan PPDB tahun ini bebas dari segala macam biaya, kecuali untuk swasta. Untuk itu, apabila ada sekolah negeri yang berani meminta biaya agar dilaporkan.

"Lapor, kalau ada SMA/SMK Negeri yang minta biaya, apakah itu baju atau uang pembangunan," pinta Harun.(OL-5)

taken from http://mediaindonesia.com/news/read/108668/di-babel-20-persen-ppdb-untuk-siswa-miskin/2017-06-12

Komentar

Pos populer dari blog ini

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini

Beredar Tiket Palsu, Panpel PS TNI Janji Perbaiki Kinerja