BI: Juni, Uang Beredar di Masyarakat Tertinggi

Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Wira Suryantala)

Metrotvnews.com, Jember: Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember M Lukman Hakim mengatakan peredaran uang masyarakat tertinggi diprediksi terjadi pada Juni 2017 yang bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri 1438 Hijriah.

"Hampir setiap tahun peredaran uang di masyarakat mencapai puncaknya pada momentum Lebaran. Tahun lalu terjadi pada Juli 2016 karena Hari Raya Idulfitri 1437 Hijriah pada Juli, sedangkan tahun ini pada Juni," kata M Lukman Hakim di Kabupaten Jember, Jawa Timur, seperti dikutip dari Antara, Sabtu 17 Juni 2017.

Menurut dia, total jumlah uang yang beredar di masyarakat secara nasional saat ini mencapai Rp691 triliun dan jumlah tersebut diketahui dengan menghitung jumlah uang yang dicetak oleh Bank Indonesia dikurangi jumlah uang masyarakat yang berada di perbankan.

"Jumlah uang yang disimpan masyarakat di perbankan di wilayah kerja BI Jember yang meliputi lima kabupaten, yakni Kabupaten Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi sekitar Rp18 triliun hingga Rp20 triliun," tuturnya.

Sedangkan kebutuhan uang di masyarakat di Jember pada Juni 2017 diprediksi mencapai Rp4,4 triliun dan jumlah tersebut meningkat dibandingkan pada Lebaran tahun lalu yang mencapai Rp3,8 triliun.

"Ada peningkatan sekitar 15 persen untuk kebutuhan uang pada momentum Lebaran tahun ini dibandingkan tahun lalu seiring dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah kerja BI Jember," jelasnya.

Lukman mengatakan realisasi penarikan uang yang dilakukan masyarakat saat ini tercatat sekitar Rp1,57 triliun, sedangkan ada dua pekan ke depan yang diprediksi penarikan mencapai Rp2,85 triliun.

"Kebutuhan uang masyarakat mengalami kenaikan menjelang Lebaran dan animo masyarakat untuk memiliki uang pecahan baru NKRI tahun emisi 2016 sangat tinggi, sehingga hal ini menjadi salah satu faktor meningkatnya stok uang yang disediakan BI Jember menjelang Lebaran," ujarnya.

Ia menjelaskan peningkatan jumlah uang yang beredar juga karena kenaikan upah minimum kabupaten (UMK) dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi seperti adanya pusat perbelanjaan Lippo Mall di Kabupaten Jember yang membuat kebutuhan masyarakat juga meningkat.

Sementara itu, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jember bersama tujuh perbankan membuka kas keliling untuk melayani penukaran uang uang baru yang dipusatkan di Alun-alun Kabupaten Jember pada 12-23 Juni 2017.

Total uang yang disiapkan setiap harinya mencapai Rp3,95 miliar, sehingga BI Jember menyediakan Rp4,4 triliun untuk lima kabupaten yakni Kabupaten Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi untuk kebutuhan Lebaran 2017.

(AHL)

taken from http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/yKX8EE6K-bi-juni-uang-beredar-di-masyarakat-tertinggi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini