Saat Bulan Ramadhan, Berdoa di 4 Waktu Ini Niscaya akan Dikabulkan

Bulan Ramadan merupakan bulan kemuliaan bagi umat Islam. Di bulan ini juga menjadi waktu yang sangat tepat untuk berdoa kepada Allah SWT. Bahkan, Allah telah membukakan kesempatan yang begitu luas untuk hamba-Nya yang memohon doa kepada-Nya.

Dan ternyata, ada beberapa waktu yang paling tepat untuk berdoa dan berpeluang besar akan dikabulkan oleh Allah SWT. Kapan sajakah waktu tersebut?

1. Sahur

Sumber: nationalgeographic.com

Sahur menjadi waktu yang tepat dan mustajab untuk berdoa. Orang-orang yang berdoa di waktu sahur termasuk ke dalam golongan orang yang bertakwa. “Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan.” (QS. Adz Dzariyat: 18)

2. Sepanjang Waktu Berpuasa

Sumber: elwehda.com

Sepanjang hari kita menahan hawa nafsu, termasuk lapar dan haus. Ternyata, waktu ini menjadi saat yang tepat untuk meminta kepada Allah SWT. Rasulullah SAW. bersabda, “Ada tiga golongan yang doa mereka tidak ditolak: (1) orang yang berpuasa hingga ia berbuka, (2) imam yang adil, dan (3) doa orang yang dizalimi.” (HR Tirmidzi)

3. Menjelang Berbuka

Sumber: pinterest.com

Saat menjelang azan magrib, alangkah lebih baiknya kita berdoa kepada Allah SWT daripada bergaduh dan mengeluh sambil menunggu azan magrib. Rasulullah SAW. bersabda, “Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka.” (HR Ibnu Majah)

4. Malam Lailatul Qadar

Sumber: tumblr.com

Di bulan Ramadan, ada satu malam yang sangat penting dan disebut lebih utama daripada 1000 malam. Ya, itulah malam Lailatul Qadar, malam diturunkannya Al-Quran. Oleh karena itu, pada malam ini kita dianjurkan untuk beribadah dan memperbanyak doa.

Diceritakan oleh Ummul Mu’minin Aisyah Radhiallahu’anha, “Aku bertanya kepada Rasulullah: ‘Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar?’ Beliau bersabda, ‘Berdoalah’,” (HR. Tirmidzi)

Banner: aboutislam.net

Kontributor: Vabyo

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

taken from http:https://islam.babe.news/59a65e/saat-ramadhan-4-waktu-berdoa/?utm_source=BaBe%20App&utm_medium=Article&utm_campaign=Artikel%20BaBe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini