Rahasia Pandai Berbicara di Depan Umum Ala Nabi Musa AS

Berbicara di depan umum bukanlah perkara yang mudah, perlu kewibawaan, ketenangan, dan pengalaman. Bagi seorang pemimpin, yang sering berpidato di hadapan masyarakat sangat penting untuk bisa berbicara lancar dan pembicaraan tersebut mudah dicerna pendengar.

Sumber: blog.hubspot.com

Dalam Islam disebutkan oleh Allah dalam beberapa firma-Nya, bahwa Nabi Musa as. ialah Nabi yang paling pandai berbicara di hadapan umum. Pada saat beliau disuruh berpidato di hadapan Fir'aun, beliau membaca doa:

"Rabbish rahlii shadrii, wayassir lii amrii, wahlul 'uqdatam millisaanii, yafqahuu qaulii."

Artinya:

"Duhai Tuhanku, lapangkanlah dadakau, mudahkanlah urusanku, lepaskanlah belenggu di lisanku, agar mereka memahami ucapanku."

Dalam doa tersebut, Nabi Musa as. meminta untuk dilapangkan dadanya yang menyangkut seluruh iman, takwa, ketenangan, solusi, keberanian, dan jauh dari ketakutan dan lainnya. Doa tersebut juga bertujuan untuk menghindari seseorang kehilangan kewibawaan serta keberanian untuk berbicara lancar di depan umum.

Nabi Musa as. juga memohon agar dimudahkan urusannya oleh Allah Swt. Karena beliau sadar atas kemampuan dirinya dan hanya Allah Swt. yang beliau andalkan. Dalam doa ini, ada banyak hal yang terkandung di dalamnya, yaitu masalah, cobaan, dan seterusnya yang jika membaca doa tersebut, insyaallah dimudahkan.

Doa tersebut tidak hanya untuk memohon lancar berbicara di depan umum, namun juga bertujuan untuk yang ingin punya anak, bicaranya jelas, tidak gagap, dan dimudahkan dalam segala urusan maka silakan baca doa ini.

Kontributor: Budiyarto

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

taken from http:https://islam.babe.news/a85671/rahasia-pandai-bicara-depan-umum/?utm_source=BaBe%20App&utm_medium=Article&utm_campaign=Artikel%20BaBe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini

Beredar Tiket Palsu, Panpel PS TNI Janji Perbaiki Kinerja