Mendengarkan MUSIK Dalam Islam Termasuk HARAM? Ini Penjelasannya!

Mendengarkan musik atau lagu merupakan hal lumrah dan pastinya pernah dilakukan semua orang. Musik bisa dibilang menjadi bagian dari keseharian kita saat ini. Namun tak semua orang menyukai musik. Hal seperti ini tampaknya merupakan dampak dari pro dan kontra hukum mendengarkan musik itu sendiri. Namun dalam Islam, musik merupakan sesuatu yang diharamkan.

Sumber: stocksky.com

Sebagaimana dengan sabda Rasulullah yang berbunyi: ”Sungguh akan ada sebagian dari umatku yang menghalalkan zina, sutera, minuman keras, dan alat-alat musik.” (HR. Bukhari)

Selain itu, hadis lain juga menjelaskan tentang larangan musik yang senada. “Aku tidak melarang kalian menangis. Namun, yang aku larang adalah dua suara yang bodoh dan maksiat; suara di saat nyanyian hiburan/kesenangan, permainan dan lagu-lagu setan, serta suara ketika terjadi musibah, menampar wajah, merobek baju, dan jeritan setan." (HR. Hakim & Baihaqi)

Sumber: npr.org

Dari dua hadist di atas kita bisa menyimpulkan jika musik merupakan sesuatu yang haram hukumnya, terlepas dari apa pun genre yang didengarkan. Selain itu, ada banyak sekali alasan mengapa musik menjadi salah satu hal yang sangat dilarang.

  1. Bisa melalaikan hati

  2. Menjauhkan hati untuk memahami atau mempelajari isi Al-Qur’an serta mengamalkan kandungannya

  3. Al Qur’an sendiri melarang seorang muslim untuk mengikuti hawa nafsu

  4. Nyanyian terkadang membuat seseorang terdorong untuk berbuat keburukan

Kontributor: Arifgunawan

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

taken from http:https://islam.babe.news/523b7a/mendengarkan-musik-di-islam/?utm_source=BaBe%20App&utm_medium=Article&utm_campaign=Artikel%20BaBe

Komentar

Pos populer dari blog ini

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini

Beredar Tiket Palsu, Panpel PS TNI Janji Perbaiki Kinerja