Gak Nyangka, 5 Masjid Ini Dulunya Ternyata Sebuah Gereja!

Perkembangan populasi muslim yang pesat di Eropa membuat kebutuhan akan masjid sebagai tempat beribadah juga meningkat. Uniknya, selain membangun masjid, beberapa komunitas muslim di sana juga mengubah fungsi bangunan yang dulunya gereja menjadi sebuah masjid. Berikut beberapa masjid di Eropa yang dulunya adalah sebuah gereja.

1. Masjid New Peckham, Inggris

Sumber: bbc.com

Masjid yang terletak di kota London ini sebelumya adalah Gereja St. Markus yang dibangun pada 1880. Meski sudah berubah fungsi sejak 20 tahun silam, masjid ini baru dibuka untuk umum pada 2015. Uniknya, jendela-jendela di masjid ini terdapat lukisan Yesus yang masih dipertahankan oleh pengurusnya.

2. Masjid Central Wembley, Inggris

Sumber: asianvoice.com

Masih dari Inggris, tepatnya di pusat kota Wembley, terdapat masjid yang dulunya adalah sebuah gereja Protestan. Pada tahun 1993, komunitas muslim setempat membeli gereja tersebut dan mengubah fungsinya menjadi sebuah masjid.

3. Masjid Brick Lane Jamme, London

Sumber: towerhamletsmosques.com

Inilah masjid terbesar di Kota London yang mempunyai daya tampung sekitar 4.000 jemaah. Sebelum menjadi masjid di tahun 1976, bangunan ini pernah dijadikan sebagai gereja oleh umat Kristen Ortodok.

4. Masjid Cordoba, Spanyol

Sumber: bestplaceinspain.com

Masjid ini dulunya merupakan sebuah katedral bernama St. Vincent yang dibangun tahun 600. Masuknya Islam ke Spanyol yang dibawa oleh Bani Umayyah, membuat masyarakat di sana banyak yang memeluk Islam dan mengubah fungsinya menjadi masjid di tahun 961.

5. Masjid Hagia Sopia, Turki

Sumber: sacred-destinations.com

Sebelum berubah fungsi menjadi masjid di tahun 1453, Hagia Sopia adalah sebuah gereja katolik. Hagia Sopia berubah fungsi menjadi sebuah masjid tahun 1453, bertepatan dengan penaklukkan kota Konstantinopel oleh Dinasti Usmaniyah.

Kontributor: Gugus Febriansyah

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

taken from http:https://islam.babe.news/69ea70/masjid-ini-ternyata-dulunya-gereja/?utm_source=BaBe%20App&utm_medium=Article&utm_campaign=Artikel%20BaBe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini

Beredar Tiket Palsu, Panpel PS TNI Janji Perbaiki Kinerja