63 Kampus Berkomitmen Membumikan Pancasila

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto: Metrotvnews.com/Surya

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 63 rektor dari perguruan tinggi negeri dan swasta menandatangani nota kesepakatan (MoU) untuk membumikan Pancasila. Penandatanganan MoU berisi Penguatan Ideologi Pancasila itu disaksikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di sela-sela peringatan Hari Lahir Pancasila.

"Inti dari MoU ini, bagaimana kampus membumikan Pancasila dalam setiap kehidupan sehari-hari," kata Tjahjo, di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis 1 Juni 2017.

Lebih rinci, isi lengkap MoU antara lain komitmen kampus menguatkan ideologi Pancasila, menguatkan wawasan kebangsaan, bela negara, dan revolusi mental.

Tjahjo mengatakan ideologi Pancasila sangat dibutuhkan untuk menyikapi kondisi saat ini. Terutama menghadapi ancaman terorisme dan radikalisme.

"Kampus dipilih karena memiliki cakupan yang sangat luas. Tak hanya mahasiswa, tapi juga sejumlah elemen masyarakat," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Soedarmo, mengatakan kampus harus bisa membumikan setiap sila dalam Pancasila kepada mahasiswa. "Itu yang harus ditanamkan kembali," ujar dia.

(UWA)

taken from http://news.metrotvnews.com/politik/nbw1lJ6K-63-kampus-berkomitmen-membumikan-pancasila

Komentar

Pos populer dari blog ini

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini

Beredar Tiket Palsu, Panpel PS TNI Janji Perbaiki Kinerja