Dinas Jemput Bola Pembuatan Akta

Foto: istimewa

WONOGIRI, suaramerdeka.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Wonogiri menerapkan sistem jemput bola untuk melayani pembuatan akta lahir dan akta kematian di daerah-daerah pinggiran. Program jemput bola pembuatan akta tersebut banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Kepala Disdukcapil Wonogiri, Sungkono mengungkapkan, jemput bola pembuatan akta itu telah dilakukan di beberapa kecamatan. Antara lain Kecamatan Slogohimo, Purwantoro, Puhpelem, Bulukerto, Purwantoro, dan Kismantoro. “Kegiatan jemput bola itu mendapat sambutan yang sangat bagus dari masyarakat,” katanya, baru-baru ini.

Sebelum dilakukan pembuatan akta lahir dan akta kematian di setiap kecamatan, pihaknya terlebih dahulu menggelar sosialisasi. Sosialisasi dimulai sejak 15 Maret lalu dan diikuti ratusan warga di setiap kecamatan. “Sosialisasi kami lakukan sekitar dua pekan sebelum pembuatan akta dimulai. Persyaratannya kami permudah sehingga dapat dimanfaatkan betul oleh masyarakat,” terangnya.

Di sisi lain, pihaknya akan melakukan pencetakan KTP elektronik (e-KTP) di setiap kecamatan mulai tahun 2017 ini. Namun, baru sepuluh kecamatan yang sedang dipersiapkan untuk pelayanan pencetakan e-KTP tersebut. “Anggaran tahun ini baru bisa mencakup sepuluh kecamatan. Sisanya mudah-mudahan bisa dianggarkan pada APBD Perubahan 2017 atau APBD 2018 mendatang,” katanya.

Pihaknya akan mempersiapkan sarana dan prasarana pencetakan e-KTP di kecamatan. Dengan demikian, pencetakan e-KTP di masa mendatang tidak perlu harus ke kantor Disdukcapil.

Sementara itu, sebanyak 10.000 keping blanko e-KTP akan dikirim oleh pemerintah pusat ke Pemkab Wonogiri melalui Pos Indonesia. Tetapi, blangko e-KTP itu belum bisa digunakan karena terjadi permasalahan pada server jaringan e-KTP pusat.

Jatah sebanyak 10.000 blangko e-KTP tersebut masih jauh dari kebutuhan Kabupaten Wonogiri. Sebab, jumlah pemohon yang antre belum memperoleh e-KTP sampai sekarang mencapai 54.000 orang. Pihaknya berharap Wonogiri memperoleh lebih banyak blangko e-KTP pada distribusi tahap berikutnya.

(Khalid Yogi/CN39/SM Network)

taken from http://berita.suaramerdeka.com/dinas-jemput-bola-pembuatan-akta/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini