Kapal Kayu Meledak, ASDP Jepara Sediakan KMP Angkut Bahan Bakar

Proses pemadaman kapal terbakar di Dermaga Kartini Jepara, Jawa Tengah. MTVN - Rhobi

Metrotvnews.com, Jepara: Dua kapal kayu meledak di Dermaga Kartini Jayapura, Jawa Tengah, dalam setahun terakhir. Peristiwa terakhir terjadi pada Jumat 31 Maret 2017.

Kapal kayu Mangrove Jaya meledak di dermaga kemarin siang. Kapal itu mengangkut bahan bakar minyak dari Jepara menuju Kepulauan Karimunjawa.

Baca: Kapal Pengangkut BBM Meledak di Pelabuhan Jepara

Setelah ledakan, Pemerintah Kabupaten Jepara pun melarang kapal kayu mengangkut bahan bakar. Kapal yang mengangkut bahan bakar haruslah memiliki spesifikasi khusus. Tapi, kapal khusus itu tak tersedia di Jepara.

Kepala PT ASDP Cabang Jepara Yudi Zanuar mengatakan kejadian itu tak mengganggu pendistribusian bahan bakar minyak. Caranya mengangkut bahan bakar dengan menggunakan kapal motor penumpang (KMP) Siginjai milik PT ASDP.

"Sebenarnya, KMP Siginjai dioperasikan setelah ledakan serupa di tahun lalu," kata Yudi di Jepara, Sabtu 1 April 2017.

Yudi menjelaskan kapal kayu meledak pada 2 April 2016. Namun sejak itu, KMP Siginjai hanya sekali melayani pengiriman bahan bakar ke Karimunjawa yaitu 20 Oktober 2016.

Setelah itu, pengangkutan bahan bakar kembali menggunakan kapal kayu. Yudi menduga KMP Siginjai tak digunakan karena harga sewanya mahal.

Yudi mengatakan ia bersedia mengangku bahan bakar ke Karimunjawa asal tak bersamaan dengan barang dan penumpang. Sehingga, pengangkutan BBM ke Karimunjawa menggunakan KMP Siginjai menggunakan hitungan sewa.
 
“Karena kami harus menambah trip, maka dihitung sewa. Nilai sewa KMP Siginjai Rp143 juta sudah termasuk pajak,” terang Yudi.
 
Dalam sekali sewa, ditambahkan Yudi, KMP Siginjai mampu mengangkut 10 truk tanki berkapasitas 8.000 liter.
 
Seorang nahkoda kapal kayu yang bisa melayani pengangkutan BBM dari Jepara ke Karimunjawa, Yetno menyampaikan, harga sewa kapal kayu dari Jepara ke Karimunjawa hanya Rp3,5 juta. Dalam sekali angkut, kapal mampu membawa 50 durm BMM. Masing-masing drum berkapasitas 200 liter. Waktu tempuh kapal kayu dari Jepara ke Karimunjawa selama 6 jam.
 
“Dari harga sewa itu, ABK paling hanya mendapat bagian Rp500 ribu. Karena harga sewa kapal setelah dipotong biaya operasional dibagi tiga. Satu bagian untuk pemilik kapal, dua bagian dibagi rata nahkoda dan ABK,” beber Yetno.

(RRN)

taken from http://jateng.metrotvnews.com/peristiwa/9K57vYxb-kapal-kayu-meledak-asdp-jepara-sediakan-kmp-angkut-bahan-bakar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambut HUT Polwan ke-69, Bagi 500 Coklat dan 300 Bunga Kepada Pengendara yang Melintas

Pentolan Abu Sayyaf Tewas dalam Operasi Militer Filipina

Ujicoba Simpang Susun Semanggi Ditargetkan Juli Ini